Menentukan Volume Kubus dan Balok

Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP / MTs Kurikulum 2013

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Halo anak - anakku sekalian, siswa dan siswi kelas VIII SMP / MTs dimanapun berada. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu bersemangat dalam belajar.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Okay, Let's begin.

Pada kegiatan pembelajaran kali ini, kalian akan mempelajari materi tentang volume kubus dan balok. Adapun kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajarannya adalah sebagai berikut.

A. Kompetensi Dasar
3.9. Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma dan limas).
3.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas), serta gabungannya.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus dan balok.
2. Menghitung volume kubus dan balok.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini, kalian diharapkan dapat:
1. Mengetahui rumus volume kubus dan balok.
2. Menghitung volume kubus dan balok.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok

D. Materi Pembelajaran

(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Yuk, kalian simak terlebih dahulu video berikut ini dengan baik.


Sumber: dokumen pribadi penulis (https://youtu.be/dKk5ttg4I4I)

Dari tayangan dalam video tersebut, kalian dapat mengetahui cara menentukan volume balok jika dikaitkan dengan kubus satuan. Bahwa, volume balok yang tersusun dari kubus - kubus satuan sama dengan banyak kubus satuan yang memenuhi balok tersebut. 

Agar kalian menjadi lebih yakin dalam memahami konsep volume kubus dan balok, coba perhatikan dengan cermat tabel 8.5a berikut dan lengkapilah.

(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)
(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  1. Perhatikan pola susunan kubus pada tabel tersebut.
  2. Bandingkan banyaknya  susunan kubus pada tabel tersebut.
  3. Perhatikan polanya untuk menentukan volume kubus secara umum.
Berikut alternatif penyelesaian tabel 8.5a.

(Sumber: Buku Guru Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Selanjutnya untuk volume balok, coba perhatikan dan lengkapi tabel 8.4b berikut ini.

(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  1. Perhatikan pola susunan kubus pada tabel tersebut.
  2. Bandingkan banyaknya  susunan kubus pada tabel tersebut.
  3. Perhatikan polanya untuk menentukan volume balok secara umum.
Berikut alternatif penyelesaian dari tabel 8.4b.

(Sumber: Buku Guru Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Untuk menambah pemahaman kalian tentang volume kubus dan balok, perhatikan contoh soal dan alternatif penyelesaiannya berikut ini. 

Contoh 1.
Sebuah bak mandi berbentuk kubus dengan panjang rusuk 1,4 m. Tentukan banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh.

Alternatif Penyelesaian.
Bak berbentuk kubus mempunyai s = 1,4 m. Banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh sama dengan menghitung volume bak.
V  = s³ 
    = s x s x s 
    = (1,4) x  (1,4) x  (1,4)
    = 2,744
Jadi, banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh adalah 2,744 m³

Contoh 2.
Perhatikan gambar balok berikut. Berapakah volumenya?

(Sumber: Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Alternatif Penyelesaian.
Balok tersebut mempunyai = 12 cm, l = 8 cm, dan = 5 cm.
V = p x l x t 
   = 12 x 8 x 5
   = 480
Jadi, volume balok tersebut adalah 480 cm³


E. Latihan Soal 


Nah, untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman kalian tentang volume kubus dan balok, kalian perlu banyak berlatih soal. Latihan soal melalui quizizz bisa kalian klik di sini atau klik tampilan berikut ini.

  
Sumber : dokumen pribadi penulis (https://quizizz.com/join?gc=664358)

Kalian diberikan dua kali kesempatan untuk mencoba latihan soal tersebut. Selamat mengerjakan dengan jujur dan teliti. Good Luck.

F. Kegiatan Penutup


Pengalaman belajar tentang menentukan volume kubus dan balok telah kalian lalui. Sekarang, coba tuliskan hal- hal penting yang menurut kalian sangat berharga dan kira-kira akan bermanfaat bagi kalian untuk belajar lebih jauh dengan menjawab pertanyaan berikut.

  1. Apakah banyak kubus satuan yang memenuhi balok hingga penuh merupakan volume balok?
  2. Tulis rumus volume kubus dan balok dilengkapi dengan keterangannya.

Sebagai bahan evaluasi pembelajaran tentang volume kubus dan balok kali ini, silakan klik kuis dalam tampilan berikut atau klik di sini (password/ token : BRSDVKB2020, batas waktu mengerjakan sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 pukul 12.00 AM)


Sumber : dokumen pribadi penulis (http://forms.gle/T89cDFAgG8Zh3Uq7A)

Demikian pembelajaran tentang volume kubus dan balok kali ini. Semoga bermanfaat. Untuk semakin memperkaya latihan soal kalian, silakan kunjungi halaman Penilaian Akhir Tahun (PAT) di blog ini ya. Terima kasih. 🙏🙏💙

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Daftar Sumber:
  1. Buku Guru Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dapat kalian unduh pada halaman buku matematika kurikulum 2013.
  2. Buku Siswa Matematika SMP / MTs  Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dapat kalian unduh pada halaman buku matematika kurikulum 2013

Daftar Sumber Dokumen Pribadi Penulis:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Belajar Dari Rumah oleh Siswa/i Kelas 8 SMPN 3 Bayah, Kabupaten Lebak - Banten

Manfaat Belajar dalam Diklat Daring Matematika Nusantara Google Classroom dan Quizizz, DDGCQ Batch 1 untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19